Monday 13 June 2011

postheadericon Belah Duren Kota Muara Teweh

Di perjalanan dinas saya menuju tempat kerja, saya banyak sekali melihat pohon duren apalagi melihat lambang dari bundaran kota muara teweh ini melambangkan kota duren maupun buah-buahan lainnya, muncul keinginan dibenak pengen makan duren seperti dulu lagi karena sudah hampir 3 tahun belakangan ini karena pengaruh cuaca/ musim yang hujan terlalu panjang sehingga kota muara teweh ataupun kota puruk cahu (kabupaten murung raya) kelahiran saya tidak pernah lagi kebanjiran yang namanya buah duren. Dulu waktu saya masih remaja saya ingat betul duren dikota puruk cahu tempat saya dilahirkan harganya cuman Rp.2000,- sampai Rp.5000,- Sampai sekarang detik ini 13 juni 2011 belum juga ada duren yang muncul kalau pun ada selain jumlahnya yang sedikit harganya pun selangit, yang kecil seperti kepala kucing pun harganya 30rb. Mudah-mudahan tahun depan masyarakat muara teweh dan puruk cahu bisa menikmati duren yang banyak lagi.
Sekarang saya mau mengajak teman-teman sekalian untuk mengingat nama-nama buah yang unik yang ada di kota muara teweh dan kota puruk cahu, Tollong dibantu ya... heee, kita mulai saja;       


====================================================================
Kita bercerita yang memiliki bulu halus terlebih dahulu;

Untuk yang satu ini saya rasa semua anak indonesia mengenalnya dan hampir disemua provinsi Indonesia memiliki pohon rambutan, kalau di masyarakat  dayak mengenal yang namanya rambutan kuyakan dan rambutan lumuan. heee!

Wihhh ini rambutan juga namanya tepatnya rambutan Garuda, raja dari segala rambutan selain ukurannya besar-besar biasanya juga rasanya sangat manis, walaupun masih mentah rambutan garuda ini rasanya tetap manis, tapi sayang untuk di muara teweh dan puruk cahu jumlah pohonya sudah mulai sedikit. 




Yang ini saya sedikit bingung namanya yang pasti dari keluarga kami menyebutnya maritam, sama seperti rambutan berbulu kecil tebal dan pendek dan kulitnya biasanya lebih tebal dari pada rambutan untuk rasanya manis juga dan khas. Pasti ada yang belum pernah merasakan buah ini heee.. karena keberadaannya juga sudah mulai langka. saya sudah hampir 8 tahun tidak memakan buah ini entah karena saya jarang pulang kampung atau karena buahnya udah mulai punah.


Buah rambutan kecil ini kami namakan dengan siwau, buahnya 3x lebih kecil dari rambutan dengan rasa yang manis, waktu kecil dulu saya sering makan buah ini biasanya ditelan sama biji2nya heee (maklum g tau bahayanya). Keberadaan buah siwau ini juga sudah mulai langka. kalau punya pohon siwau ini tolong jangan ditebang sayang lebih baik kita lestarikan.


kalau yang ini saya tidak tau namanya hee tapi biasanya kami bilang rambutan hutan. bentuknya sih beda sama rambutan selain kecil juga tidak memiliki rambut2 seperti rambutan tapi untuk rasanya sama seperti rambutan.

 ====================================================================
Buah yang memiliki bulu kasar dan tajam;
Buah ini seperti tema kita diatas buah durian, buah ini juga saya rasa sampai luar negeri pun masih bisa menikmati buah ini selain keberadaannya disetiap provinsi juga ada buah ini juga digemari banyak orang, tapi hati2 kalau kebanyakan makan durian pasti pusing, ada mitos dari masyarakat bahwa supaya tidak pusing makan durian setelah selesai makan durian minum air putih tapi air putihnya dituangkan dulu dikulit bagian dalam duriannya pasti tidak akan pusing dan itu benar sekali ada penelitiannya, mau tau?? tanya aja sama mbah google pasti ada. heee!
Durian Merah atau Papaken, bentuk sama seperti durian tapi berwarna kemerahan dan biasanya lebih kecil dari durian, durinya tidak setajam duri durian dan mengoyak kulitnya juga tidak sesusah mengoyak kulit durian papaken sangat mudah dibukanya, pohon papaken selain pohonnya memiliki banyak cabang juga lebih rendah dibandingkan pohon durian kalau untuk rasa khas juga beda sama durian yang pasti mak'nyosss juga rasanya heee! papaken salah satu khasnya muara teweh dan puruk cahu.  

Ini papaken yang sudah dibuka heee merahkan isinya wah pasti enak nih! saya kurang mengetahui untuk daerah luar kalimantan apakah papaken ini juga ada? saya pernah menanyakan sama teman saya diluar kalimantan ternyata mereka sama sekalinya belum pernah melihat papaken ini.




Ini kembang papakennya menarik juga ya kembangnya biasanya bagus.. lihat pohonya rendah sekali! mudah-mudahan buah ini tetap dilestarikan karena di muara teweh dan puruk cahu buah ini kalau dari jumlah pohon masih sedikit sekali dibandingkan pohon durian.




Ini lebih merah lagi warnanya dan durinya lebih tajam dari durian dulu kami bilang ini durian hutan atau lahung, buah lahung memang susah didapatkan kalau pun ada biasanya pohonnya memang tumbuh di dalam hutan. Rasa buah ini lebih menyengat dari durian dan lebih memabukkan heee! 1 buah saja kalau dimakan sendiri biasanya sudah pusing. Sudah sangat jarang sekali buah ini ditemukan, kalaupun ada biasanya sekali berbuah tidak sebanyak buah durian.

Bedanya lagi sama durian adalah cara membukannya tidak seperti durian biasanya mengikuti alur kulitnya kalau lahung tidak memiliki alur dikulitnya jadi kalau membukanya pasti dibelah seperti gambar ini. Mau buah ini masuk aja kehutan sendiri heee...!








Ini namanya karantungen (durian hutan juga sama dg lahung) bentuk kulit dan duri tajamnya sama dengan lahung, yang membedakannya adalah warnanya, karantungen warnanya sama seperti durian, untuk rasa lebih enak dibandingkan dengan lahung dan sama2 memabukan seperti lahung heee!  






====================================================================
Ini namanya asam putaran, kenapa diberi nama seperti itu karena cara mengoyak buah ini juga unik yaitu dengan menyayat bagian tengahnya saja kemudian buahnya diputar sehingga mudah nantinya untuk terpisah dengan biji. rasa asam ini juga manis baunya juga harum... ehmm




Kalau ini namanya asam hambawang selain rasanya yang asem bentuknya juga biasanya besar-besar. asam yang satu ini enaknya dibuat bikin sambel pasti mantap rasanya.





yang ini namanya kuini salah satu keluarga asam juga, bentuknya biasanya bulat dan baunya juga khas mengundang air liur menetes tentunya rasanya juga manis





Namanya Hampalam, asam yang satu ini lebih khas baunya dibandingkan mangga, dagingnya sedikit tipis kalau dibandingkan dengan mangga, tapi hampalam juga enak ko! kalau buahnya yang benar-benar masak rasanya juga manis, buah yang mentahnya enak untuk dibikin pencok.



yang satu ini namanya kasturi didaerah lain pun kasturi ini masih banyak dan mudah untuk ditemukan. Bentuknya kecil dan kalau sudah masak benar warnanya agak kehitaman, aroma yang khasnya menjadikan buah ini dibuat untuk Parfum. rasa kasturi sangat manis tapi sayang daging buahnya sangat tipis sekali


====================================================================
Dibawah ini saya bingung mau memasukan buahnya ke golongan apa?? kalian sendiri deh yang menggolongkannya;
Ini namanya Binjai, saya tidak bisa menjelaskannya lebih banyak karena saya sendiri belum pernah makan buah ini heee! yang pasti buah ini masih bisa ditemukan di kora muara teweh dan puruk cahu.





Ini namanya Dangu buah ini agak sulit juga sudah ditemukan tapi masih ada ko! rasanya sedikit asam2 manis dan warna daging buahnya itu sangat orange dan kemerahan. kulit buah dangu banyak getahnya.










Buah yang satu ini golongan jambu-jambuan namanya jambu agung, rasanya manis daging buah tebal rasanya manis didaerah muara teweh pohon jambu agung ini sudah sedikit.






Ini namanya kalangkala buah ini biasanya dijadikan sebagai lauk makan, banyak juga masyarakat yang menyukai buah ini, caranya makannya biasanya buah direndam diair panas dulu biar lemah baru dimakan, buah ini kalau sudah masak akan berwarna merah juga untuk rasanya aduh susah saya menjelaskannya heee...




ini kalangkala yang sudah masak








yang ini namanya buah kapul rasanya manis dan isinya berwarna putih dan tersusun rapi seperti daging buah manggis juga setapi tekstur dagingnya beda sama manggis, kalau dilihat dari warna kulitnya terlihat tidak enak padahal buah ini juga enak banyak yang menyukainya. Buah ini juga sudah jarang terlihat karena jumlah pohonnya juga sudah sedikit.





Buah Katapi namanya, uniknya buah ini memiliki kulit yang tebal atau bisa kita sebut kulitnya juga memiliki daging sehingga kalau kulit bagian luar sudah dikoyak maka daging kulit pun biasanya bisa dimakan tentunya dimakan menggunakan garam dan lombok wahh pasti enak tuh...! daging buah bagian dalam rasanya juga manis



 ini bagian dalam katapi berwarna putih juga.







 Buah unik ini namanya Kuranji, kulit bagian luarnya berwarna hitam kalau sudah masak dan isinya berwarna orange.. rasanya unik banget, maaf tidak bisa menjelaskan rasa ini buah.






Kalau dilihat seperti ini kuranjinya sih seperti anggur hee tapi sangat beda dengan anggur karena kuranji memiliki kulit yang keras tapi masih mudah dipecahkan sama tangan.





Ini namanya tengkuis atau orang bilang mata kucing, buah ini bisa juga disebut lengkengnya hutan, dan rasanya pun persis sama yang membedakan yaitu pada kulit kalau tengkuis kulitnya kasar dan sedikit punya benjol-benjolan kecil kemudian daging isinya lebih tipis dibandingkan dengan lengken. kalau saya sih lebih mengenal buah ini terlebih dahulu dibandingkan buah lengkeng.


Ini namanya Romania, bentuknya kecil dan rasanya asam manis jarang sih ada yang manis brrrrr...! buah satun ini cocok buat orang ngidam atau ibu hamil hee.





Jangan tertipu sama penampilannya seperti anggur hee namanya buah Rukam atau kami juga bilang anggurnya hutan. tapi rasanya jauh beda sama anggur. rasa buah rukam ini khas ada rasa manis dan ada asam2nya juga sedikit. kalau yang sudah agak kehitaman biasanya manis.




Buah Rambai, ini sudah jarang juga ditemukan bentuk sama seperti langsat tapi tekstur daging buah beda. rambai juga memiliki rasa yang manis.





Buah langsat, rasanya ada yang masam dan ada yang manis tergantung daerahnya juga sih, buah ini masih banyak dan kira2 anak cucu kita pun masih bisa menikmati buah ini nantinya 


Buah Rumbia, rasanya manis dan agak sepet gitu warna daging buah putih dan bijinya warna hitam, saya sudah lupa2 ingat juga sama rasa buah ini karena sudah lama dimakan buah ini 





Ini dikampung saya menyebutnya buah pekat, sama seperti buah munau eits apa itu munau maaf kami tidak bisa menampilkan gambarnya, nanti untuk pembahasan berikutnya akan kami tampilkan. buah pekat ini rasanya aneh sih agak sepet gitu tapi masih banyak juga yang suka




Buah tarap, sebenarnya buah ini tidak bisa dimakan tapi yang bisa bijinya hee..! biji tarap biasanya tidak langsung dimakan tapi digoreng jadinya seperti kacang, pokoknya rasa biji tarap yang sudah digoreng enak.





Buah tiwadak, kalau yang satu ini hampir disemua provinsi juga ada, buah tiwadak adalah buah penomenal kenapa saya bilang begitu karena semua bagian dari tiwadak bisa dimakan heee, kecuali kulit bagian luarnya saja yang dibuang. kalau kulit bagian dalamnya itu apa lagi sangat penomenal sekali dimasyarakat yang disebut mandai (kulit bagian dalam tiwadak yang digoreng) rasanya enak banget. mandai ini termasuk makanan pavorit saya.

===================================================================
Disini ada beberapa buah yang berada dipohonnya;
Buah Langsat












Buah Durian












Asam Hambawang












Buah Tarap












Buah Tiwadak












Buah Binjai












Buah Romania












Buah Rambai













Mudah-mudahan dengan tulisan ini kita bisa bersama sama untuk melestarikan buah yang hampir punah dan saya mengucapkan terima kasih banyak kepada abah Hasan di Desa Inan, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, karena gambar dari beliau saya bisa menulis semua ini saya merasa beliau sangat berjasa dan kreatif untuk mendokumentasikan semua buah-buahan ini, tentunya ada beberapa buah yang berbeda namanya saya menamai buah ini sesuai dengan daerah tempat saya sendiri. Untuk selanjutnya saya juga akan mendokumentasikan buah-buahan yang unik yang berada dikalimantan ini khususnya kalimantan tengah. Tentunya tulisan ini akan bertahap kami tambah kan dalam waktunya yang lama karena buah-buahan hanya berbuah pertahun. semoga bermanfaat aminn...

Buku Tamu

Teman

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net