Saturday 11 June 2011

postheadericon Kartu Jamkesmas

Jaminan Kesehatan Masyarakat itu lah yang dikatakan Jamkesmas, ini adalah cerita lucu yang terjadi di masyarakat kita. Pertama kali saya kerja di Instansi Pemerintah sebagai CPNS saya sedang mengobati orang yang sakit, ketika saya tanyakan kepada yang bersangkutan apakah beliau punya kartu jamkesmas lalu beliau jawab "Ada" tapi malas untuk menggunakannya! Saya tanya kenapa tidak dipakai kartunya?? jawabnya; biasanya obat yang dipakai untuk mengobati orang jamkesmas adalah obat generik dan juga biasanya kalau pakai kartu jamkesmas pelayanan yang diberikan biasanya lambat atau sama sekali tidak dilayani? apakah itu benar?? apakah itu juga yang terjadi di Instansi pelayanan lainnya di pustu atau di puskesmas lain ataupun di rumah sakit, saya merasa sangat prihatin dengan keadaan seperti itu. Masih banyak teman-teman kesehatan kita khususnya perawat yang masih memberikan pelayanan hanya memandang status masyarakat yang mereka layani apakah mereka tidak mengingat sumpah janji mereka sebagai perawat?? padahal semua perawat sebelum mendapatkan gelarnya sebagai ahli madia atau sarjana keperawatan mereka pasti disumpah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak memandang status pasien baik miskin maupun kaya.

Bagi masyarakat Indonesia ku tercinta, begini cerita singkatnya; jamkesmas adalah pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang tidak mampu untuk menggunakan kartu jamkes agar bisa berobat secara gratis dengan itu pemerintah menyediakan obat generik yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat, obat generik? jangan takut obat generik sama khasiatnya dengan obat paten yang membedakan hanyalah nama pabriknya saja dan juga harganya, dan kenapa ada yang namanya obat paten? masyarakat indonesia ku tercinta jangan salah mengartikan kata paten?? paten disini hanyalah tanda bahwa obat tersebut sudah di registrasi oleh BPOM atau dengan kata lain telah dipatenkan. Untuk kandungan obat paten dan generik itu sama saja.
Untuk itu bagi masyarakat umum jangan takut untuk menggunakan kartu jamkesmasnya dan jangan takut untuk tidak mendapatkan pelayanan yang tidak baik dari tenaga kesehatan. Saya juga menghimbau lagi kepada teman-teman sejawat marilah kita sama-sama mengutamakan kesehatan dari masyarakat dengan tidak memandang pasien itu menggunakan jamkesmas atau tidaknya. semuanya adalah sama mereka membutuhkan uluran tangan dari kita untuk membantu kesembuhanya.        
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua aminnnn....!

Buku Tamu

Teman

Free counters! SEO Stats powered by MyPagerank.Net